Contoh Norma Adat Istiadat dan Norma Agama

Contoh Norma Adat Istiadat dan Norma Agama
Di Posting Oleh : Admin
Kategori : Agama Informasi Pendidikan ips Blog Tutorial, Teknologi dan Kesehatan: Mangaip Blog

Contoh norma adat istiadat dan norma agama - adat berasal dari bahasa arab yang berarti kebiasaan. Jadi adat adalah kebiasaan yang mengidentifikasi status suatu daerah. Norma adat istiadat biasanya tidak tertulis namun memiliki pengaruhyang kuat dalam suatu masyarakat karena dilestarikan secara turun temurun. Pelanggaran pada norma adat istiadat dapat berupa pengucilan dari masyarakat setempat sampai tak dianggap dari masyarakatnya.

Norma adat istiadat ada berdasarkat kebiasaan yang sudah dilakukan oleh nenek moyang dan diturunkan secara turun-temurun agar terpelihara dan tetap ada.

Norma adat- istiadat dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :

1. Nilai Budaya adalah norma adat istiadat dari segi budaya yang berisi tentang ide-ide dalan suatu masyarakat atau kelompok, seperti buadaya gotong royong.

2. Norma merupakan adat istiadat yang terikat pada suatu peran tertentu misalkan peran pemuka agama, ustadzah, kyai dan lain sebagainya

3. Hukum pada norma adat istiadat ada yang bersifat tertulis maupun tidak tertulis

4. Aturan Khusus merupakat adat istiadat yag berisi tentang suatu kegiatan khusus yang menjadi kebiasaan rutin seperti pengajian 4 bulanan orang yang sedang mengandung. Atau adat jawa yang melakukan beberapa prosesi saat akan melangsungkan pernikahan.

Bentuk norma adat istiadat dapat berupa aturan yang tertulis maupun tidak tertulis. Norma adat istiadat biasa diperkenalkan oleh orang tua kepada anaknya atau peraturan yang dikeluarkan oleh tetua adat, dokumentasi masa lalu dan lain sebagainya, jadi yang menegakkan norma adat istiadat adalah orang-orang tua yang ada sebelum kita atau para tetua-tetua adat.

Norma adat istiadat muncul disebabkan adanya pengaruh dari berbagai hal misalkan pengaruh agama, pengaruh kerajaan, pengaruh bangsa lain dan masih banyak lagi.

Tingkatan norma adat istiadat diantaranya adalah: pertama cara yang dilakukan sekelompok masyarakat yang dilakukan secara berulang-ulang, misalkan cara makan suatu kelompok, kedua ialah kebiasan yang merupakan bentuk perilaku yang berulang-ulang yang membawa pengaruh positif dan dianggap baik, ketiga adalah tata kelakuan yang mencerminkan sifat dan watak sekelompok masyarakat misalkan orang madura berwatak keras. Keempat adalah adat istiadat itu sendiri yang memiliki pengaruh besar dan kuat bagi suatu kelompok atau masyarakat.

Itulah beberapa contoh norma adat istiadat, sedangkan norma agama adalah norma yang didasarkan pada kaidah-kaidah agama yang diciptakan agar menjadi penuntun hidup atau petunjuk hidup bagi orang yang beragama. Norma agama itu menuntut kepatuhan atau ketaatan bagi penganut agama tersebut. Sifat dari norma agama bersifat mutlak dan tidak bisa ditawar. Bagi yang meyakini agama, norma agama adalah norma yang paling tinggi kedudukannya diantara norma-norma lainnya. Norma agama tidak hanya mengatur tentang hubuangan antara manusia dengan tuhannya tetapi juga mengatur bagaimana berhubungan antara manusia dengan manusua lainnya, manusia dengan lingkungannya serta manusia dengan makhluk lainnya. Bagi yang melanggar norma agama akan mendapat sanksi dosa dan akan mendapatkan pembalasan saat meninggal nanti.

Contoh norma agama misalnya: bagi orang islam, wajib melakukan rukun islam dan mempercayai rukun iman, bagi orang kristen wajib ke gereja dan mempercayai tuhan yesus, bagi orag yang beragama hindu wajib memberikan sesembahan kepada siwa, didalam agama juga ada aturan yang menyebutkan tidak boleh membunuh, mencuri, dan masih banyak lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Gerak Endonom

Perbedaan Internet dan Intranet

Ciri - Ciri Demokrasi Liberal, Pancasila, dan Terpimpin