Fase Pertumbuhan Janin Dan Manusia

Fase Pertumbuhan Janin Dan Manusia
Di Posting Oleh : Admin
Kategori : Biologi Blog Tutorial, Teknologi dan Kesehatan: Mangaip Blog

Fase pertumbuhan janin dan manusia – Pertumbuhan dan juga perkembangan itu adalah dua hal yang berkaitan satu sama lain. Pertumbuhan dan juga perkembangan yang terjadi pada setiap manusia dibedakan menjadi dua yaitu pertumbuhan sebelum lahir dan pertumbuhan setelah lahir. Hal ini dikeranakan setiap manusia yang ada di dunia ini berawal dari proses kehamilan atau proses kehidupan di dalam rahim wanita. Dalam rahim wanita janin akan tumbuh dan berkembang hingga saatnya ia terlahir menjadi seorang bayi. Dan setelah bayi itu dilahirkan, bayipun akan mengalami pertumbuhan. Kajian tentang pertumbuhan tersebutlah yang akan menjadi pokok pembicaraan saya kali ini, yaitu tentang fase pertumbuhan janin dan juga fase pertumbuhan manusia. Apa sajakah fase fase tersebut? Yuk kita simak penjelasannya.

Fase pertumbuhan janin

Fase pertumbuhan janin adalah salah satu jenis fase yang dialami oleh setiap manusia yang ada di dunia ini. Fase pertumbuhan janin ini merupakan fase pertumbuhan sebelum bayi dilahirkan. Setiap kehidupan manusia itu berawak dari adanya sebuah proses pembuahan yang terjadi di dalam diri seorang wanita. Proses pembuahan ini adalah sebuah proses dimana akan terjadi suatu pertemuan antara sel telur dengan sel sperma. Nah, fase pertumbuhan janin yang terjadi di dalam rahim setiap wanita itu dimulai dari adanya proses pembuahan.
Pada saat proses pembuahan itu telah terjadi, maka sel sperma tersebut akan segera melakukan proses peleburan dengan sebuah inti dari sel telur lalu setelah itu mulailah terbentuk sebuah sel baru yang dinamakan dengan istilah zigot. Zigot tersebut nantinya akan melakukan pembelahan diri menjadi 2 buah sel, 4 buah sel, 8 buah sel, 16 buah sel, 32 buah sel, dan seterusnya. Pembelahan diri ini akan terjadi seiring dengan fase pertumbuhan yang terjadi pada janin.
Zigot yang sudah melakukan proses pembelahan diri tersebut akan masuk kedalam proses perkembangan dari zigot menjadi embrio. Nah, embrio inilah yang kemudian akan beruabah menjadi sebuah janin yang ada di dalam rahim seorang ibu. Fase pertumbuhan janin yang ada di dalam rahim ibu dimulai dari adanya sebuah proses pembuahan sampai pada waktuproses terjadinya kelahiran, waktu proses tersebut dari awal hingga dilahirkannya seorang bayi ke dunia itu kurang lebih memakan waktu selama sembilan bulan. Fase pertumbuhan janin dalam rahim wanita itu dibagi menjadi tiga yaitu fase tri semester pertama, tri semester ke dua., dan tri semester ke tiga.

Fase pertumbuhan manusia

Fase pertumbuhan manusia itu dimulai dari dilahirkannya seorang bayi dari rahim seorang wanita. Fase ini disebut dengan fase pertumbuhan pasca kelahiran. Fase pertumbuhan yang terjadi pada manusia atau fase pertumbuhan pasca kelahiran itu dibagi menjadi lima buah fase yaitu, fase bayi, fase anak anak, fase remaja, fase dewasa, dan fase tua atau lansia. Dari tiap tiap fase tersebut manusia akan mengalami pertumbuhan dan juga perkembangan baik fisik ataupun non fisik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Gerak Endonom

Perbedaan Internet dan Intranet

Ciri - Ciri Demokrasi Liberal, Pancasila, dan Terpimpin