Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Ciri-Ciri Pembuluh Nadi

Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Ciri-Ciri Pembuluh Nadi
Di Posting Oleh : Admin
Kategori : Biologi Blog Tutorial, Teknologi dan Kesehatan: Mangaip Blog

Pengertian, fungsi, jenis, dan ciri-ciri pembuluh nadi - pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pembuluh nadi secara detail, seperti mengenai Pengertian pembuluh nadi , fungsi pembuluh nadi, jenis pembuluh nadi, serta ciri-ciri pembuluh nadi.

Pembuluh nadi merupakan salah satu pembuluh dari sekian macam pembuluh yang ada di tubuh manusia yang memiliki peranna penting, karen fungsinya sebagai pengankut oksigen. Pembuluh nadi sering di sebut dengan arteri. Tempat pembuluh ini berada lebbih dalam dibandingkan arteri lainnya. Pembuluh nadi memiliki 3 lapisan pada bagiannya. Salah satu bagiannya terdiri dari sekumpulan otot yang berada sepanjang saluranini, hal ini karen apembuluh nadi memiliki tugas yang lumayan berat yaitu mengalirkan darah dalam tekanan yang sanga tinggi dan kuat, karena tugasnya ini pembuluh nadi diciptakan lebih kuat dibandingkan pembuluh lainnya.

Pembuluh nadi memiliki dinding yang cukup tebal. Otot yang berada di sepanjang pembuluh ini membantu darah utuk tetap mengalir dalam tekanna tinggi, karena itu otot ini membuat denyutan pada pembuluh, hal ini sebagai usaha agar darah tetap berjalan ke depan. Dan menjalankan tugasnya dengan baik. Darah pada pembuluh ini berjalan dengan sangat cepat sekali, maka dari itu misalkan pembuluh ini mengalami pendarahan, darah akan sangat keluar dengan deras dan memancar akibat tekanannya.

Fungsi pembuluh nadi diantaranya adalah sebagai saluran darah yang mengandung oksigen agar dapat mengalir dengan lancar dan dapat mendistribusikan zat penting untuk tubuh, pembuluh nadi sebagai alat penghantar berbagai zat dab berbagai nutrisi untuk organ-organ tubuh, pembuluh nadi membantu tubuh untuk bertahan hidup dan selalu sehat.

Jenis-jenis pembuluh nadi terdiri dari a. arteri pulmonalis yang berguna menghantarkan darah berkarbondioksida yang berasal dari bilik kanan b. Oarta yaitu arteri yang terletak pada pangkal bilik kiri, merupakan pembuluh awal yang menerima darah yang berasal dari jantung, pembuluh ini juga merupaknan pembuluh nadi terbesar dari pada pembuluh nadi yang lain c. Pembuluh nadi sistemik yang terdiri dari Pembuluh nadi karotid, Pembuluh nadi subklavika, Pembuluh nadi hepar, Pembuluh nadi mesenteri, Pembuluh nadi renal serta Pembuluh nadi femur, fungsinya dalah menghantarkan darah beroksigen pada arteriol d. Arteriol merupakan pembuluh nadi yang mengubungkan pembuluh nadi sistemik dengan pembuluh.

Ciri ciri pembuluh nadi manusia diantaranya adalah a. Pembuluh nadi dapat dirasakan di beberapa bagian tubuh seperti pada bagian pergelangan tangan dan pangkal leher b. Pembuluh nadi letaknya agak ke dalam di bandingkan pembuluh lain c. pembuluh darah memiliki dinding tebal yang terdiri dari 3 lapis, sehingga menjadikannya kuat. Dinding pembuluh ini juga bersifat elastis d. Pembuluh darah memiliki tekanan tinggi pada darah yang mengalir pada pembuluh ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Gerak Endonom

Perbedaan Internet dan Intranet

Ciri - Ciri Demokrasi Liberal, Pancasila, dan Terpimpin